Langsung ke konten utama

Perjalanan Kuliah Semester Online

    Pertama-tama marilah kita semua berdoa agar selalu dilimpahkan keselamatan oleh Allah SWT dimanapun kita berada. Hari ini Selasa, 21 Desember 2021. Saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya selama kuliah daring (dari rumah sambil berbaring) selama kurang lebih tiga semester.


Eh, lupa perkenalan. Kenalkan nama saya Rafi. Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer UPI 2020. Sampai tulisan ini dipublikasikan, artinya saya sedang menjalani ujian akhir semester. Tentu tidak mudah untuk menulis karangan sambil menulis jawaban esai, nugas "tipis-tipis", dan menulis makalah, namun sebagai mahasiswa yang berusaha menjadi baik hal itu akan tetap saya lakukan. Tulisan ini akan menjadi tulisan pertama saya setelah sebelumnya saya clear history konten saya dengan blog ini setelah cukup lama vakum. Namun jangan khawatir, insyaallah saya akan tetap istikomah menulis karena seperti kata pepatah "menulis adalah jalan mahasiswaku (me in end 2021)"


Cerita ini akan saya bagi dalam beberapa poin penting yang mungkin bisa menjadi gambaran bagi kalian terutama yang ingin kuliah di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) jurusan Pendidikan Ilmu Komputer. Poin-poin tersebut yakni : 


1. Kuliah awal sangat "menyenangkan"

Setelah melihat pengumuman SBMPTN, saya senang walaupun tentu ada perasaan tidak senang karena satu dua hal. Akan tetapi, apapun yang terjadi tetap harus disyukuri karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi selanjutnya. Singkatnya setelah mengikuti ospek online UPI, kami maba mengikuti ospek jurusan masing-masing dan ya, begitulah. Adapula acara inaugurasi yang kemudian disusul acara kaderisasi. Jika kalian ingin berorganisasi yang baik di universitas, pertama kalian harus lulus acara tersebut. 

Kuliah semester 1 sangat menarik namun isinya masih mengenai pelajaran umum yang mungkin pernah kalian dapat pada jenjang pendidikan sebelumnya. Mata kuliah yang bisa dikontrak juga masih merupakan paket yang harus diikuti, belum merupakan pilihan langsung mahasiswa. Hal ini juga lah yang menjadikan semester satu sangat baik untuk masa pembiasaan transisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin mengenal sebagian besar hal tentang perkuliahan pada masa ini dan jangan lupa fokus pada tujuan.

3. Semester 2 mulai agak berasa ngantuknya

Semester 2 masih sama seperti semester sebelumnya namun disini telah ada beberapa mata kuliah yang terkait dengan program studi. Perkuliahan masih akan ditentukan oleh pihak kampus. Yang artinya kita belum boleh memilih sendiri mata kuliah yang ingin diambil, kecuali ada mata kuliah yang dalam paketnya memungkinkan untuk dipilih salah satu saja. Level kesulitan perkuliahan sudah mulai meningkat mengingat telah beberapa waktu sejak pandemi berlangsung waktu itu.

Dalam fase ini, saya merasa bahwa ini adalah fase yang lumayan memusingkan karena selain cuaca yang tidak bersahabat, banyak materi yang tidak masuk ke otak, dll. Hal tersebut menyebabkan saya agak kehilangan semangat namun tetap harus berjuang. Cukup untuk menjadi pelajaran dan jangan sampai terulang


4.  Semester 3 mulai cerah

Belajar dari pengalaman sebelumnya harus ada tindak evaluasi yang merubah diri agar lebih baik esok hari. Caranya dengan mengisi waktu luang dengan mempelajari hal-hal baru. Entah itu apa, namun yang jelas harus lebih baik daripada kemarin. Masih sama seperti sebelumnya, perkuliahan ditentukan oleh kampus.


5. siap" tahun baru + semester 4

Tahun Baru, persiapan kuliah offline 


Komentar